Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Awas..!!! Situs Film Spiderman Palsu Tebar Ancaman Phishing

Ketenaran film superhero 'Spider-Man: No Way Home' rupanya disalahpergunakan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggungjawab. Seperti dijelaskan perusahaan keamanan global Kaspersky, warga diminta hati-hati teror dari banyak aktor kejahatan cyber lewat phishing atau perampokan data. Pengamat dari Kaspersky mengawasi rutinitas intens dari banyak penipu online saat pemutaran pertama film 'Spider-Man: No Way Home' dan mendapatkan banyak contoh website phishing yang dibentuk untuk merampas detil bank pengguna.

Untuk berikan daya magnet pada halaman phishing, banyak eksekutor kejahatan cyber tidak memanfaatkan poster sah dari film spiderman, akan tetapi fanart yang menghadirkan semuanya pemain Spider-Man. Lewat poster semacam itu, banyak eksekutor kejahatan cyber pengin menarik semakin banyak perhatian banyak fans. Sewaktu website phishing itu disinggahi, pemakai akan disuruh mendaftarkan dan masukkan info kartu credit. Kemudian, uang akan didebit dari kartu pemakai dan data pembayaran disatukan oleh banyak eksekutor kejahatan cyber.

"Harapan banyak fans spiderman terlalu tinggi sekarang, juga dapat disebut bertambah tinggi dibanding film apapun. Tiap orang yang pernah sempat jadi fans Spidey mempunyai teorinya masing-masing perihal film itu, yang bisa dipakai oleh pelaku kejahatan cyber," kata ahli keamanan di Kaspersky Tatyana Shcherbakova dalam informasi resminya, seperti dilansir dari Di antara, Sabtu (18/12/2021). Oleh karenanya, dia memajukan pemakai terus hati-hati kepada halaman yang mereka datangi dan tidak mendownload file dari web-site yang belum diverifikasi. Kaspersky berikan beberapa referensi supaya orang terlepas dari kejahatan cyber itu.


Pertama, jauhi link yang menjanjikan penyiaran awal film atau seri tv. Kalau muncul kecurigaan perihal orisinalitas conten, kontak penyuplai hiburan. Pemakai pula diminta untuk periksa orisinalitas website saat sebelum masukkan data personal. Yakini juga untuk memanfaatkan halaman situs sah dan dapat dipercaya untuk saksikan atau mendownload film.

Check ulang pola URL dan ejaan nama perusahaan. Paling akhir, cermati perpanjangan file yang bakal didownload. File video tidak akan mempunyai perpanjangan.exe atau.msi. Pemakai diminta memanfaatkan pemecahan keamanan seperti security cloud yang dapat menganalisis tambahan beresiko dan memblok situs phishing.


Posting Komentar untuk "Awas..!!! Situs Film Spiderman Palsu Tebar Ancaman Phishing"