Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Sirkuit Mandalika, dimana? sudah siapkah gelar ajang WSBK?

Gelaran Akbar Seri World Superbike (WSBK) 2021 akan segera berlangsung pekan ini, maka dari itu kami mencoba menyajikan informasi tentang Sirkuit Mandalika khusus untuk para sobat Vinom tercinta.

Berada pada bagian Selatan Pulau Lombok, KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Mandalika diputuskan lewat Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 menjadi KEK Pariwisata. Dengan luas tempat sejumlah 1.035,67 Hektar dan menghadap Samudera Hindia, KEK Mandalika diharap bisa mengakselerasi bidang pariwisata Propinsi Nusa Tenggara Barat yang paling potensial.
Dibuat selama 29 tahun, KEK Mandalika pasti bukan project biasa. Kawasan ini disiapkan sebagai kawasan pariwisata favorit di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. cuma memiliki jarak sekitaran 30 menit dari Lapangan terbang Internasional Lombok dan terhampar dimulai dari Pantai Kuta, Pantai Seger, sampai Pantai Tanjung Aan.
KEK Mandalika tawarkan rekreasi bahari dengan daya tarik pantai dan bawah laut yang memukau. Mandalika datang dari nama seorang figur legenda, yakni Putri Mandalika yang dikenali dengan wajahnya yang cantik. Tiap tahunnya, warga Lombok tengah rayakan upacara Bau Nyale, yakni ritual cari cacing laut yang dipercayai sebagai jelmaan dari Putri Mandalika. Perayaan ini sebagai budaya yang unik dan menarik pelancong baik lokal atau internasional.
Circuit Mandalika sendiri mempunyai nama resmi Pertamina Mandalika International Street Sirkuit, berada di dusun Kuta, lombok tengah, nusa Tenggara Barat. mempunyai panjang pelintasan 4,31 km dengan 17 kelokan, dengan memakai aspal sejenis Stone Mastic Asphalt (SMA) yang lebih kasar dan diharap akan perkuat cengkraman ban. ditambah dengan keseluruhan kapasitas penonton 195.700 orang (50.000 tempat duduk di grandstand), circuit Mandalika lumayan banyak menyita perhatian publik umum karena pemandangan yang sangat memukau. 

Biaya pembangunan nya menelan anggaran hampir 1,2 trilliun rupiah, dengan masa pembangunan sejak 15 juni 2020 dan selesai pada akhir september 2021. perencanaan layout dan arsitekturnya dikerjakan oleh perusahaan arsitek terkenal asal Inggris yakni Populous, yang mana telah begitu banyak menciptakan karya arsitektur beragam venue olahraga seperti stadion Wembley dan juga Stadion Emirates.

Gelaran WSBK (World Superbike) di Sirkuit Mandalika sendiri akan dilangsungkan sejak jumat 19 November sampai Minggu 21 November 2021.
Mudah-mudahan acara tersebut akan banyak membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat Lombok dan juga pariwisata Indonesia.


Posting Komentar untuk "Letak Sirkuit Mandalika, dimana? sudah siapkah gelar ajang WSBK?"