Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Gaji Atlet E-Sports Mobile Legends? RRQ Lemon Ungkap Bisa Dapat Milyaran dari Turnamen

Olahragawan dari suatu cabang olahraga kebanyakan mendatangkan uang dari jadi pemenang suatu kompetisi, begitu pula olahragawan atau pemain professional di sektor olahraga electronic (e-sports). Tetapi, selainnya dari jadi pemenang persaingan, orang olahragawan e-sports, atau orang biasa yang cinta bermain games, rupanya dapat memperoleh pendapatan dari sumber lain. 

Hal demikian dijelaskan orang olahragawan e-sports dari games Mobile Legends, Muhammad Ikhsan, dalam suatu babak bincang-bincang yang dibungkus dalam suatu video podcast bersama YouTuber terkenal, Deddy Corbuzier. Ikhsan sendiri bertambah banyak diketahui bernama pentas "Lemon" atau "RRQ Lemon" dari klub RRQ Hoshi.

"(Zaman) saat ini tidak sama. Saat ini orang dapat mendatangkan uang dari bermain games, jadi streamer, inisiator content, dll," kata RRQ Lemon, diambil KompasTekno dari channel YouTube Deddy Corbuzier, Jumat (26/11/2021). Dari sisi kejuaraan atau "bonus" dari mengerjakan streaming secara langsung, sponsor, dan lain-lain, pendapatan orang pemain e-sports, lanjut Lemon, bisa juga diperoleh dari management atau klub yang memayungi sang pemain tersebut.

RRQ Lemon saat di Podcast DC

"Jika masuk klub e-sports, itu udah ada kontraknya, serta udah diupah (/bulan), serta (memperoleh) semua jenis perihal yang lain," tambah RRQ Lemon. RRQ Lemon, tidak mengobral berapakah besaran penghasilan yang dia peroleh perbulan dari faksi management. Tetapi, dia mengatakan banyaknya lumayan besar. "Cukup besar (upahnya) jika perhitungan di Indonesia. Besarannya berbeda tiap pemain berdasar hal kekuatan mereka, dan tingkat populeritasnya," claim Lemon.

Pria berumur 22 tahun itu lanjut memperjelas, uang yang diperoleh dari kejuaraan e-sports sendiri termasuk cukup besar. Dia memberi contoh hal demikian lewat persaingan e-sports Mobile Legends Professional League Indonesia (MPL ID) Season 8 yang dihelat beberapa lalu. 

Menurutnya, jumlah uang yang diperoleh akan tergantung dalam jumlah point yang didapat satu klub di MPL ID Season 8. Lantas, seandainya jadi pemenang satu kompetisi MPL ID Season 8, karenanya klub yang menang bakal akan mendatangkan uang, tak perlu tunggu persaingan e-sports itu tuntas. "Cukup, (dapat beberapa puluh juta) jika menang kompetisi (di MPL ID Season 8), umpamanya 2-0, dan seterusnya," terang Lemon.

"Jika jadi pemenang kejuaraan, itu dapat dapat beberapa ratus juta dari keseluruhan hadiah atau prize pool," tambah Lemon. Di gelaran M3 World Championship sendiri, yang disebut persaingan paling besar rasio dunia di games Mobile Legends, klub yang menang, menurut Lemon, dapat memperoleh hadiah miliaran rupiah.

Ditemui, persaingan e-sports yang akan dihelat di 6-19 Desember kedepan itu mempunyai keseluruhan hadiah 800.000 dolar AS atau sekitaran Rp 11,4 miliar. "Jika menang dapat Rp 2 miliar kemungkinan (dari Rp 11,4 miliar)," ujar Lemon. Walau begitu, uang miliaran rupiah itu kebanyakan dibagi antara pemain. Ini sebagai sebuah perihal yang dapat dikatakan lumrah sebab pemain professional di sektor games kebanyakan ada pada bawah satu management e-sports. "Iya, semestinya ada besaran pembagiannya," kata Lemon.

RRQ Lemon sendiri udah bergelut di dunia e-sports sejak mulai dia duduk di kursi kuliah. Dia bahkan juga tidak selesaikan kuliahnya sebab udah mengenal e-sports utamanya games Mobile Legends. "Sebelumnya sempat kuliah, lalu main Mobile Legends (rupanya) lebih mendatangkan," ujar Lemon. Sejak mulai itu, Lemon terus focus menjadi pemain professional berdasar ketertarikannya, dan coba bikin kesibukan yang dia senangi itu selaku kebun pendapatan. 

"Uang saya menjadikan motivasi untuk menang (kejuaraan). Main games itu sebetulnya udah semangat serta kesukaan saya, hingga saya puas (mengerjakannya) serta uang itu cuma untuk bonus," sebut Lemon.

Idenya, Lemon selalu aktif di dunia e-sports dalam sekian hari di depan, minimal sampai dia sukses sukses serta memperoleh apa yang dia harapkan. "Jika uang saya telah banyak, kemungkinan saya dapat stop (menjadi pemain profesional)," tandas Lemon.


Posting Komentar untuk "Berapa Gaji Atlet E-Sports Mobile Legends? RRQ Lemon Ungkap Bisa Dapat Milyaran dari Turnamen"