Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Senjata Makan Tuan Jet Tempur Supersonic F-11 TIGER

Jaman dulu memang bisa dibilang dimana jamannya banyak teknologi canggih yang masih dalam tahapan dikembangkan dan mencari dampak serta efek yang ditimbulkan dari teknologi tersebut, dan ini termasuk dalam dunia penerbangan saat itu.

Tahun 1950-an pesawat-pesawat jet mengalami masa pertumbuhan yang cepat, berbagai instansi,pabrikan dan para ahli penerbangan berlomba-lomba menciptakan pesawat-pesawat jet yang memiliki kemampuan tinggi,termasuk untuk pesawat tempur,para instansi milter dari beberapa negara maju memang lagi gencar-gencarnya untuk melengkapi kemampuan sektor udara mereka, contohnya inggris dengan pesawat gloster javelinnya atau amerika dengan GRUMMAN F-11 TIGER nya.

Pada tahun 1956 pesawat jet fighter grumman f-11 ini ternyata pernah mengalami kerusakan parah pada mesin dan kaca depan pilotnya pecah kemudian terlepas,hal ini disebabkan karena pesawat tersebut "TERTEMBAK" oleh peluru dari senjatanya sendirinya. alias senjata makan tuan.

Pertanyaan,lah kok bisa?

Seri grumman F-11 Tiger sama seperti semua pesawat dari tipe Grumman memang dinamai dengan nama binatang dari keluarga harimau.

Pesawat ini memang terbilang memiliki kecanggihan,sangat cepat dan gesit. dari sejarahnya,F-11 tiger ini juga menjadi pesawat tempur supersonik kedua yang dimiliki angkatan laut amerika yang diklaim mampu menempuh jarak 843 mil per jam. Tetapi kecepatan yang menakjubkan ini menjadi salah satu petaka dalam salah satu pengujiannya.

Kejadian aneh sekaligus agak konyol ini terjadi pada 21 September 1956 gan,seperti yang dijelaskan oleh DataGenetics,seorang pilot penguji Grumman yang menerbangkan sebuah F-11 Tiger di lepas pantai Long Island menurunkan hidung pesawat sekitar 20 derajat dan mengarahkannya ke tempat yang kosong di laut.

kemudian dia melepaskan tembakan sekitar empat detik dari meriam Colt Mk.12 20 milimeter dan pesawat terus menukik dengan kecepatan tinggi. Semenit kemudian,kaca depannya tiba-tiba pecah kemudian terlepas dan mesinnya mulai membuat suara-suara aneh, dalam situasi tersebut pilot mencoba kembali ke lapangan terbang Grumman’s Long Island.

Pilot penguji awalnya menduga pesawatnya menabrak burung,namun penyelidikan kecelakaan tersebut mengungkapkan penyebab lain. yaitu saat terbang menukik dengan cepat,pilot benar-benar terbang di jalur peluru 20 milimeter miliknya sendiri.
peluru itulah yang akhirnya menghancurkan kaca pesawat serta merusak mesin. Kondisi pesawat memang mengalami kerusakan pada mesin dan juga pilotnya terluka parah akibat insiden itu, tapi setelah perawatan intensif beberapa bulan kemudian sang pilot bisa kembali melakukan penerbangan.

Posting Komentar untuk "Senjata Makan Tuan Jet Tempur Supersonic F-11 TIGER"