Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penampakan Telepon Berusia 1.200 Tahun Dari Peradaban Chimu

Para arkeolog telah menemukan ratusan artefak peninggalan peradaban kuno dari seluruh dunia yang digunakan ribuan tahun yang lalu. Salah satu penemuan yang luar biasa sekaligus aneh adalah “telepon” berusia 1200 tahun yang berasal dari peradaban Chimu. Perangkat yang luar biasa ini ditemukan di reruntuhan Chan Chan di Peru. Perangkat ini contoh paling awal dan terbaik dari kehadiran “teknologi canggih” di wilayah tersebut.

Chan Chan mungkin adalah kota pra-Columbus terbesar yang ada di Amerika Selatan. Negara Chimu atau disebut juga Kerajaan Chimor adalah sebuah peradaban Andes yang berdiri di Peru sekitar 850 M. Chimu adalah salah satu budaya yang ditaklukkan oleh Inca pada tahun 1470.

Chan Chan, terletak di wilayah La Libertad sekitar 5 km sebelah barat dari Trujillo, Peru. Kota kuno ini memiliki luas 6 km persegi. Chan Chan adalah ibukota kekaisaran Chimu yang berisi sekitar 50.000 orang.

Kerajaan Chimu terkenal karena kota-kotanya yang sangat terencana. Memiliki bangunan datar besar untuk kaum bangsawan yang sangat baik dan dihiasi piramida yang berfungsi sebagai kuil. Kuil mereka dihiasi dengan barang-barang emas yang dibuat oleh tukang emas yang sangat berbakat, yang bahkan diakui oleh suku Inca, penakluknya.


Telepon berusia 1200 tahun adalah contoh yang sangat baik dari “teknologi yang hilang” dari nenek moyang kita, yang menurut para peneliti sangat sulit untuk mempercayainya mereka mampu membuatnya.

Telepon Chimu adalah perangkat unik dan luar biasa yang mendahului awal “ide” dari sebuah telepon yang kita gunakan hari ini. Para peneliti yakin bahwa ini adalah salah satu contoh terbaik dari kecerdasan orang kuno. Meskipun mereka tahu tujuan yang tepat dari perangkat ini, para ahli masih bertanya-tanya bagaimana orang Chimu kuno menggunakan alat itu dan untuk tujuan apa.

Alat itu sepertinya memiliki kemampuan untuk menyalurkan suara melewati ruang untuk didengar langsung di telinga penerima. Memang alat itu dirancang untuk tingkat pendengar yang ekslusif.

Matos, seorang antropolog, dan arkeolog yang mengkhususkan diri dalam studi pusat Andes menjelaskan, “Chimu adalah (orang) terampil, orang inventif,” yang memiliki masyarakat dengan penelitian-penelitian mengesankan. Hal ini dapat ditunjukkan oleh sistem mereka yang memiliki kanal-irigasi hidrolik dengan sangat rinci, logam rumit dan artefak-artefak aneh.

Telepon berusia ribuan tahun ini membuktikan bahwa kita memiliki sedikit pengetahuan tentang masa lalu. Telepon ini sekarang ada di museum Smithsonian

Posting Komentar untuk "Penampakan Telepon Berusia 1.200 Tahun Dari Peradaban Chimu"