Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Gangguan Mental atau Penyakit Kejiwaan Paling Aneh Ngeri Banget!

Gangguan mental atau penyakit kejiwaan adalah pola psikologis atau perilaku yang pada umumnya terkait dengan stres atau kelainan mental yang tidak dianggap sebagai bagian dari perkembangan normal manusia.

1. Walking Corpse Syndrome

Bukan berarti kalian yang ngerasa “capek” adalah penderita gangguan ini ya. Penderita walking corpse syndrome ini merasa dirinya sudah meninggal, atau bahkan sebenarnya tidak ada di dunia. Ia dapat mengira dirinya hantu yang belum move on dari dunia nyata. Salah satu penyebabnya bisa dari depresi dan kurang tidur. Hayo,mungkin kalian sering begadang nih.. mulai dari sekarang kurangin deh begadang kalau ngk mau terkena penyakit ini.

2. Alice in Wonderland Syndrome

Ini adalah gangguan visual neurologis dimana seseorang melihat objek-objek jauh lebih kecil dan jauh dari seharusnya. Contohnya nih, mobil bisa dilihat berukuran sebesar kucing saja. Bukan matanya yang sakit, tapi otak penderita yang salah menginterpretasi informasi dari mata. Coba bayangin deh kalau kita terkena penyakit ini pasti stress kan?

3. Self-Cannibalism (Lesch-Nyhan Syndrome)

Gangguan ini membuat seseorang cenderung beraktivitas yang menyakiti bahkan memakan bagian tubuhnya sendiri. Dalam 60 persen kasus, gigi pasien harus dihabiskan untuk mencegah mereka menggerogoti lidah, bibir, dan pipi mereka sendiri. Dan kalian tau ngak , kebanyakan penderita ini sering makan jari nya bahkan sampe putus Hiii serem banget kan.

4. Lycantrophy

Kalian sering ngak mimpi jadi hewan? Hati-hati. Menurut para ilmuwan memperkirakan mimpi jadi hewan merupakan salah satu asal-usul timbulnya gangguan ini. Penderitanya mempercayai bahwa dirinya adalah hewan, atau telah diubah menjadi hewan.

5. Alien Hand Syndrome

Yang ini agak horor ya. Jadi penderita gangguan ini memiliki sebuah tangan yang bergerak di luar kendali otaknya. Seseorang dapat mengambil barang dengan sebuah tangan dan “tangan alien”nya merebut lalu membuang barang itu. Bahkan, tangan ini bisa mencekik leher penderitanya sendiri. Seram kan.

6. Capgras Delusion

Orang dengan Capgras Delusion mempercayai bahwa orang yang dekat dengannya digantikan oleh orang yang tidak berhubungan sama sekali. Hal ini terjadi karena kerusakan pada bagian otak yang berfungsi mengenali wajah. Penyakit ini seperti hilang ingatan gitu .

7.Paramnesia

Gangguan ini adalah ingatan atau kebingungan berbasis memori, atau ketidakmampuan untuk membedakan antara kenangan nyata dan fantasi.

8. Bibliomania

Bisa diibaratkan hobi membaca buku versi alay. Jadi penderitanya dapat membeli sebuah buku yang sama berkali-kali dalam jumlah yang sangat besar. Kalau kalian punya temen yang sering membeli buku yang sama bisa dipastikan temen kalian punya gangguan ini.

9.Exploding head Syndrome

Penderita penyakit ini secara berkala merasa terjadi suara ledakan yang sangat keras dari dalam kepalanya. Kita denger suara nyaring aja udah bikin pusing ya. coba bayangkan kalau kita terkena penyakit ini?

10. Climomania

Tidak ada masalah sebenarnya jika tidur lebih lama, apalagi bila sakit ya. Namun tidak untuk clinomaniac (penderita climomania), keinginan untuk berada di kasur terlalu berlebihan dan bisa sampai seharian, terutama jika cuaca dingin. Climomania berasal dari bahasa Yunani yang artinya obsesi tidur. Dengan kata lain, mania ini artinya cinta pada kasur, bantal dan selimut.

Posting Komentar untuk "10 Gangguan Mental atau Penyakit Kejiwaan Paling Aneh Ngeri Banget!"