Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Foto 8 Pengobatan Medis Zaman Dahulu Yang Belum Banyak Kamu Ketahui

Kemajuan Ilmu dibidang medis sekarang ini kian hari mengalami kemajuan dari berbagai macam cara serta alat yang digunakan, pada jaman dahulu peralatan tak secanggih seperti sekarang ini, seperti Foto 8 Pengobatan Medis Zaman Dahulu Yang Belum Banyak diketahui banyak orang.

1. Sakit Gigi

Zaman dahulu, orang-orang sudah mengerti cara mengisi gigi yang bolong dan membuat gigi palsu.

14 ribu tahun lalu, sebuah gigi manusia ditemukan di Italia dan di gigi tersebut sudah ditemukan pekerjaan tangan manusia.


Beberapa metode yang tidak biasa pada zaman dahulu satu diantaranya adalah Avicenna yaitu dengan membakar lemak kambing lalu dimasukkan ke dalam mulut.

2. Persalinan



Pada zaman dahulu di India, mereka tahu cara mengubah posisi fetus di dalam janin.

Bahkan di sebuah suku di Afrika, para dukunnya mampu melakukan kelahiran cesar dengan peralatan yang terbilang masih primitif.

Dalam lukisan dan ukiran para wanita melahirkan anaknya dengan cara berjongkok maupun berdiri.

3. Anestesi menggunakan tanaman juniper dan mandrake


Nenek moyang kita dulu bisa dibilang berhasil dalam bidang operasi. Di zaman Mesopotamia kuno, dokter menggunakan alkohol dan opium untuk membantu pasiennya agar tidak merasakan sakit. Di zaman Mesir kuno, mereka menggunakan ekstrak buah mandrake.

Di India dan Cina, juniper, ganja dan akonit digunakan untuk obat bius. Dan jelas hal tersebut merupakan obat bius yang sangat efektif.

4. Penyakit kronis dirawat dengan cara olahraga dan air suci


Pada masa Hippocrates (460-370 SM), mereka percaya bahwa epilepsi disebabkan oleh kehendak Tuhan. Mereka percaya bahwa alasan dari sebuah penyakit adalah karena angin, dingin dan matahari. Di abad pertengahan, orang yang memiliki epilepsi dipercaya dirasuki oleh iblis dan dirawat menggunakan air suci dan didoakan.

Dokter zaman dulu juga merawat orang diabetes dengan cara pasiennya diminta olahraga dan mengugnakan jamu-jamuan, tapi hal tersebut tidak membawa efek positif dan kebanyakan pasien mati juga.


5. Hampir semua penyakit dirawat dengan cara mengeluarkan darah



Mengeluarkan darah menjadi pengobatan yang populer di India dan negara Arab dan bahkan disebutkan di dalam dokumen Mesir dan Yunani kuno.

Orang dulu percaya bahwa darah orang yang sakit membawa wabah, yang harus dikeluarkan untuk menyembuhkannya.


6. Antibiotik



Sebelum adanya antibiotik, orang zaman dahulu memerangi penyakit dengan cara membuat obat menggunakan tanaman beracun dan racun ular berbisa.

Di masa Mesir kuno, dokter menggunakan ganja, opium dan henbane. Sedangkan di abad pertengahan, dokter menambahkan ular kering dan kalajengking ke dalam obat mereka.

7. Trephinasi



Sakit kepala, epilepsi dan penyakit psikologis lainnya biasanya disembuhkan dengan cara yang sangat ekstrim. Yaitu dokter melubangi kepala pasiennya. Trephinasi merupakan operasi bedah paling tua di dunia. Ngeri ya, pake dibolongin kepalanya.


8. Perawatan memasukkan asap rokok ke dalam anus

Masalah pencernaan, kram perut dan parasit perut dirawat dengan cara memasukkan asap rokok ke dalam tubuh melewati anus. Metode ini banyak digunakan oleh suku Indian di Amerika Serikat. Namun, pada abad 19, dokter menemukan bahwa rokok mengandung nikotin yang beracun dan akhirnya metode ini ditinggalkan.

Posting Komentar untuk "Foto 8 Pengobatan Medis Zaman Dahulu Yang Belum Banyak Kamu Ketahui"