Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bikin Merinding! 6 Penyakit Langka dan Aneh di Dunia

Manusia serigala, manusia pohon, dan vampir, semuanya terdengar mythical dan dibuat-buat layak kisah fiksi tapi ternyata beberapa nama tersebut diasosiasikan dengan beberapa penyakit langka. Dulu mungkin hal-hal seperti itu tidak pernah kita dengar apalagi mempercayainya, tapi setelah banyaknya penemuan-penemuan aneh, seperti bakteri pemakan daging, vampir syndrome, dan penyakit langka lainnya kita terkejut dan juga ketakutan.

1. Cotard Syndrome (Sindrom Mayat Berjalan)


Cotard Syndrome atau biasa disebut Sindrom Mayat Berjalan adalah suatu gangguan kejiwaan langka yang membuat penderitanya meyakini dirinya kehilangan bagian-bagian tubuh seperti jantung, otak, atau bahkan meyakini kalau dia sudah mati. Penderita tidak mau mandi ataupun makan dan selalu menghabiskan waktu di dekat pemakaman. Penyakit ini ditemukan oleh Dr. Jules Cotard (1840-1889) seorang ahli neurologi dari paris.

2. Elephantiasis (Kaki Gajah)


Kaki Gajah adalah penyakit aneh yang banyak ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia. Penyakit ini disebabkan oleh cacing parasit seperti Wuchereria bancrofti, Brugia malayi, and B. timori dimana kesemuanya dibawa oleh nyamuk. Penyakit ini menyebabkan kebengkakan pada kaki terkadang pada tangan. Seperti yang terlansir di odde.com penyakit ini telah menginfeksi lebih dari 120 juta orang di dunia.

3. Epidermodysplasia Verruciformis (Sindrome Manusia Pohon)


Epidermodysplasia Verruciformis atau dikenal dengan sindrom manusia pohon adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh mutasi dari gen EVER1/EVER2 . Namun sampai saat ini gen-gen tersebut masih tidak banyak diketahui. Penyakit ini memperlihatkan seolah-olah ada pohon yang tumbuh kulit penderitanya.

4. Xeroderma Pigmentosum (Sindrom Vampir)


Xeroderma Pigmentosum atau dikenal dengan Sindrom Vampr adalah sebuah penyakit yang membuat penderitanya takut akan sinar matahari. Para penderita biasanya sembunyi atau menajuh dari sinar matahari. Dalam iflscience.com diterangkan bahwa 1 dari 1.000.000 di dunia menderita sindrom ini sangat sensitif terhadap sina UV membuat harus terlindung total dari sinar UV jika tidak ingin kulitnya terbakar atau pecah-pecah. Jika tidak hati-hati mereka bisa terkena kanker kulit.

5. Hypertrichosis (Sindrom Manusia Serigala)


Hypertrichosis atau dikenal Sindrom Manusia Serigala adalah penyakit yang biasanya disebabkan mutasi genetik dan menyebabkan seluruh tubuh bahkan wajah ditutupi bulu panjang. Itulah mengapa penyakit ini dinamakan Sindrom Manusia Serigala.

6. Progria


Progria adalah penyakit yang disebabkan oleh sebuah kesalahan kecil pada kode genetik anak. Penyakit ini membuat penderitanya tumbuh tua. Akibat proses penuaan yang begitu cepat penderita biasanya mengalami penyakit orang tua seperti jantung, arthritis, dan pengecilan tulang. Anak-anak penderita penyakit ini terlihat seperti orang tua dengan kulit keriput dan mengalami kebotakan dini dan biasanya para penderita akan meninggal di usia 13 tahun.

Posting Komentar untuk "Bikin Merinding! 6 Penyakit Langka dan Aneh di Dunia"