Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serem! Kuntilanak Setinggi 100 Meter Bakal Mengangkang di Sungai Kapuas Pontianak

Hantu Kuntilanak sebagai mitologi Melayu sering digambarkan sebagai seorang wanita cantik yang meninggal dunia saat dalam keadaan hamil. Dalam banyak cerita, kuntilanak sering menteror warga.

Kata lain dari kuntilanak adalah pontianak yang kini menjadi nama kota di Kalimantan Barat. Ada yang menyebut bahwa kata pontianak merupakan kepanjangan dari perempuan mati beranak.

Mungkin karena itu, ada yang menganggap kuntilanak bisa menjadi ikon Kota Pontianak, sehingga ada yang berencana membangun patung Kuntilanak di kota itu. Seorang pejabat kota setempat mengusulkan untuk membangun ikon baru untuk meningkatkan sektor pariwisata.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Kartius mengatakan, pihaknya akan mendorong sektor pariwisata di wilayah Kalimantan Barat.

"Terobosan saya kalau ada waktu mau mendirikan Tugu Kuntilanak," katanya usai pelantikan pejabat struktural Pemprov Kalbar di Balai Petitih Kantor Gubernur, Jalan Ahmad Yani, Selasa (3/1/2017).

Demi mewujudkan gagasannya, Kartius akan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Pontianak, Kota Singkawang, Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah. Ide ini mendapatkan beragam komentar dari berbagai pihak.Wali Kota Pontianak, Sutarmidji tampak bingung soal bagaimana sosok kuntilanak itu.

Mengangkang di tepi Sungai Kapuas

Tak hanya mendapat berbagai tanggapan dari warga Indonesia, ternyata kabar ini juga menjadi sorotan media luar negeri.
Situs media, Daily Mail membahas ini dalam sebuah artikelnya. Dipaparkan dalam artikel itu, patung kuntilanak ini rencannya memiliki tinggi hingga 100 meter dan dibangun di tepian Sungai Kapuas dekat dengan Jembatan Kapuas.

“Kita bikin menara setinggi 100 meter. Jadi wisatawan bisa melihat Kota Pontianak dari atas, tidak perlu keliling-keliling,” ujar Kartius.

Patung ini digambarkan memiliki rambut hitam, bermata cekung dan baju putih berlumuran darah.

Melalui idenya ini, Katius ingin menarik wisatawan datang ke Pontianak dan menjadikan patung kuntilanak sebagai ikon dari kota.

Seperti halnya Singapura yang lekat dengan patung Merlion serta mitos dibaliknya, harapnnya dengan dibangun patung kuntilanak juga akan menjadikan patung ini sebagai ikon yang akan dikenal di seluruh dunia.

Meski mendapatkan banyak tanggapan negarif dari berbagai pihak, namun Katius menegaskan Pekerjaan Umum dan Kementerian Perumahan bersedia membantu mengalokasikan dana untuk menyelesaikan proyek.

Ia juga menambahkan, pihak swasta juga telah menawarkan bantuan untuk mencari investor.

Posting Komentar untuk "Serem! Kuntilanak Setinggi 100 Meter Bakal Mengangkang di Sungai Kapuas Pontianak"