Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keren! 23 Gubernur di Indonesia Kompak Ikut Latihan Militer di Natuna

Kekompakan 23 Gubernur di Indonesia mengikuti serangkaian latihan militer di Pantai Teluk Buton, Tanjung Datuk, Natuna, Kepulauan Riau, sejak Kamis (18/5/2017) hingga Jumat (19/5/2017). Latihan militer yang diikuti 23 Gubernur diantaranya menembak serta menjalani kehidupan tata cara militer.

Sekaligus menyaksikan latihan kesiap-siagaan PPRC TNI 2017 serta pembaretan. Laman Setkab, Jumat (19/5/2017) merilis para Gubernur menginap di KRI. Di KRI dilakukan sejumlah diskusi soal negeri ini dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Numantyo.

Jumat (19/5/2017) pagi, dilakukan pembaretan oleh Panglima TNI terhadap para Gubernur di Pantai Muara. Satu per satu Gubernur dipasangkan baret hitam oleh Panglima, sebagai tanda “latihan militer” telah selesai diikuti. Selama di Natuna, 23 gubernur juga memakai pakaian dinas lapangan (PDL) warna loreng cokelat mirip seragam TNI.

"Selama di Natuna Pak Gubernur belajar mandiri. Di sana tanpa ajudan dan membawa tas ransel sendiri berisi kelengkapan baju dan makanan kecil dan bermalam 1 malam di KRI Surabaya," ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim, Benny Sampir Wanto, Kamis (18/5/2017).

Latihan PPRC ini dimulai dengan operasi udara ketika pesawat Sukhoi berhasil menghancurkan pertahanan musuh. Pesawat ini kemudian langsung melakukan perlindungan udara. Dilakukan juga pertempuran laut, pertempuran antikapal permukaan, udara, dan kapal selam.

Empat F-16 kemudian melepaskan bom. Setelah memenangi pertempuran laut, pasukan khusus langsung melakukan penerjunan udara dari ketinggian 17.000 feet. Ada juga penerjunan dari ketinggian 8.000 feet dan 1.500 feet.

Semua peralatan tempur diperagakan dalam latgab ini. Sejumlah KRI juga tampak beraksi dengan segala kemampuan terbaiknya. Peralatan tempur udara baik pesawat tempur maupun helikopter juga menunjukkan aksinya.

Demikian juga peralatan tempur dari sejumlah tank. Sebelum menutup aksi dalam latihan perang ini, pemandu acara menegaskan TNI sangat siap mempertahankan NKRI. “Salam hormat dan bangga untuk Presiden Jokowi. Jayalah Tentara Nasional Indonesia,” kata seorang pilot menutup aksi pada latgab ini.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu Panglima TNI Jenderal Gatot Numantyo, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Mendagri Tjahjo Kumolo, Seskab Pramono Anung, dan Gubernur Kepri Nurdin Basirun.

Posting Komentar untuk "Keren! 23 Gubernur di Indonesia Kompak Ikut Latihan Militer di Natuna"